Jumat, 06 Maret 2015

Social Media Marketing


KARYA ILMIAH

LINGKUNGAN BISNIS
“ Social Media Marketing“





DISUSUN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
                    

OLEH   :
Nama : Bagus Purwo Asmoro
Kelas : 14. S1. TI 08
NIM : 14. 4.8092

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
ABSTRAK

Karya ilmiah ini menjelaskan tentang Social Media Marketing atau biasa di sebut pemasaran di social media, Apa itu social media marketing?, Bagaimana cara meningkatkan pemasaran di social media?,  Apa yang harus dihindari dalam social media marketing ? . Banyaknya orang yang menggunakan social media sebagai salah satu cara pemasaran menjadikan alasan kenapa saya membuat karya ilmiah ini.

ISI
Apa itu Social Media Marketing ?
read more>
 Social Media Marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media. Memasarkan (marketing) sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan memanfaatkan ‘masyarakat yang turut berpartisipasi di social media’.

Bagaimana cara meningkatkan pemasaran di social media?
Berikut adalah beberapa cara pemasaran media sosial dapat meningkatkan bisnis Anda:
1. Peningkatan Pengakuan Merek. Setiap kesempatan yang Anda miliki untuk sindikasi konten Anda dan meningkatkan visibilitas Anda yang berharga.  Hal ini penting karena secara bersamaan membuat Anda lebih mudah diakses oleh  pelanggan baru, dan membuat Anda lebih akrab dan dikenal untuk pelanggan yang sudah ada.

2. Peningkatan loyalitas merek. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Texas Tech University, merek yang terlibat pada saluran media sosial menikmati loyalitas tinggi dari para pelanggan. Laporan ini menyimpulkan "Perusahaan harus mengambil keuntungan dari alat media sosial memberi mereka ketika datang untuk menghubungkan dengan audiens mereka. Sebuah rencana media sosial strategis dan terbuka bisa membuktikan berpengaruh dalam morphing konsumen menjadi ada merek setia ".

3. Mengkonversi Peluang Lebih. Setiap posting yang Anda buat pada platform media sosial adalah kesempatan bagi pelanggan untuk mengkonversi. Ketika Anda membangun berikut, Anda secara bersamaan akan memiliki akses ke pelanggan baru, pelanggan baru, dan pelanggan lama, dan Anda akan dapat berinteraksi dengan mereka semua. Setiap posting blog, gambar, video, atau komentar Anda berbagi adalah kesempatan bagi seseorang untuk bereaksi, dan setiap reaksi dapat menyebabkan kunjungan situs, dan akhirnya konversi. Tidak setiap interaksi dengan hasil merek Anda di konversi, tetapi setiap interaksi positif meningkatkan kemungkinan konversi akhirnya.

4. tingkat konversi yang lebih tinggi. Hasil pemasaran media sosial di tingkat konversi yang lebih tinggi dalam cara yang berbeda beberapa. Mungkin yang paling signifikan adalah elemen humanisasi nya; fakta bahwa merek menjadi lebih manusiawi dengan berinteraksi di saluran media sosial.

5. Otoritas Merek Tinggi. Berinteraksi dengan pelanggan Anda secara teratur adalah menunjukkan itikad baik untuk pelanggan lain. Ketika orang pergi untuk pujian atau membual tentang produk atau layanan, mereka beralih ke media sosial. Dan ketika mereka mengirim nama merek Anda, penonton baru akan ingin mengikuti Anda untuk update. Semakin banyak orang yang berbicara tentang Anda di media sosial, yang lebih berharga dan berwibawanya merek Anda akan tampak bagi pengguna baru. Belum lagi, jika Anda dapat berinteraksi dengan influencer besar pada Twitter atau jejaring sosial lainnya, otoritas yang terlihat dan mencapai akan meroket.

6. Peningkatan Lalu Lintas Inbound. Tanpa media sosial, lalu lintas inbound Anda terbatas kepada orang-orang yang sudah akrab dengan merek Anda dan individu mencari kata kunci saat ini Anda peringkat untuk. Setiap profil media sosial Anda tambahkan adalah jalan lain menuju kembali ke situs Anda, dan setiap bagian dari konten Anda sindikasi pada profil tersebut adalah kesempatan lain bagi pengunjung baru. Semakin banyak konten sindikat berkualitas Anda di media sosial, lalu lintas Anda yang masuk akan lebih menghasilkan, dan lalu lintas berarti lebih memimpin dan lebih banyak konversi.

7. Penurunan Biaya Pemasaran. Jika Anda dapat meminjamkan hanya satu jam sehari untuk mengembangkan strategi konten dan sindikasi Anda, Anda bisa mulai melihat hasil dari usaha Anda. Bahkan membayar iklan melalui Facebook dan Twitter yang relatif murah (tergantung pada tujuan Anda, tentu saja). Mulai kecil dan Anda tidak akan pernah perlu khawatir tentang pergi atas anggaran-sekali Anda mendapatkan merasa lebih baik untuk apa yang diharapkan, Anda dapat meningkatkan anggaran dan meningkatkan konversi Sejalan.

8. Search Engine Lebih Baik. SEO adalah cara terbaik untuk menangkap lalu lintas yang relevan dari mesin pencari, tetapi persyaratan untuk sukses selalu berubah. Hal ini tidak lagi cukup untuk secara teratur memperbarui blog Anda, pastikan tag judul dioptimalkan dan deskripsi meta, dan mendistribusikan link yang menunjuk kembali ke situs Anda. Google dan mesin pencari lainnya dapat menghitung peringkat mereka menggunakan kehadiran media sosial sebagai faktor penting, karena dari fakta bahwa merek yang kuat hampir selalu menggunakan media sosial. Dengan demikian, menjadi aktif di media sosial bisa bertindak sebagai "sinyal merek" untuk mesin yang merek Anda adalah sah, kredibel, dan dapat dipercaya pencarian. Itu berarti, jika Anda ingin peringkat untuk himpunan kata kunci, memiliki kehadiran media sosial yang kuat bisa hampir wajib.

9. Pengalaman Pelanggan. Sosial media, pada intinya, adalah saluran komunikasi seperti email atau telepon panggilan. Setiap interaksi pelanggan yang Anda miliki di media sosial adalah kesempatan untuk secara terbuka menunjukkan tingkat layanan pelanggan Anda dan memperkaya hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Sebagai contoh, jika seorang pelanggan mengeluh tentang produk Anda di Twitter, Anda dapat segera mengatasi komentar, meminta maaf secara terbuka, dan mengambil tindakan untuk membuat benar. Atau, jika pelanggan memuji Anda, Anda dapat berterima kasih kepada mereka dan merekomendasikan produk tambahan. Ini adalah pengalaman pribadi yang memungkinkan pelanggan tahu bahwa Anda peduli tentang mereka.

10. Peningkatan Wawasan Pelanggan. Media sosial juga memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan informasi berharga tentang apa yang pelanggan Anda tertarik dan bagaimana mereka berperilaku, melalui mendengarkan sosial. Sebagai contoh, Anda dapat memantau komentar pengguna untuk melihat apa yang orang pikirkan bisnis Anda secara langsung. Anda dapat mengukur konversi berdasarkan promosi yang berbeda diposting di berbagai saluran media sosial dan akhirnya menemukan kombinasi sempurna untuk menghasilkan pendapatan.

Apa yang harus dihindari dalam berpromosi di social media ?
Berikut ini adalah kesalahan yang harus Anda hindari dalam berpromosi di social media,
1.       Profil yang tidak lengkap
2.       Konten yang buruk
3.       Spamming
4.       Berteman dengan orang yang tidak relevan atau dengan account kosong
5.       Tidak memisahkan urusan bisnis dan pribadi
6.       Tidak kukuh dengan kata-kata sendiri
7.       Konsistensi gamabar
8.       Tidak memBackup Social media dengan SEO

 Banyak yang sudah menggunakan Social Media Marketing ini sebagai contoh mahasiswa yangkuliah di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA dan masyarakat di lingkungan tempat kuliah lainnya, menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk yang mereka jual ataupun usaha kamar kos.


REFERENSI

http://www.forbes.com/sites/jaysondemers/2014/08/11/the-top-10-benefits-of-social-media-marketing/
http://www.hendrosiswanto.com/artikel-internet-marketing/116-8-kesalahan-berpromosi-di-social-media.html

0 komentar:

Posting Komentar